Ada Buroncong Terbang di Lapangan Belopa
Serba-serbi Luwu Expo 2017

By Tim IT Perpustakaan 11 Feb 2017, 16:21:57 WIB Wisata
Ada Buroncong Terbang di Lapangan Belopa

Keterangan Gambar : BURONCONG. Bupati Luwu, Andi Mudzakkar beserta istri, Hj Andi Tenri Karta Mudzakkar saat membuat buroncong, Sabtu sore (11/2/17) di Lapangan Andi Djemma, Belopa.


BELOPA, PERPUSTAKAANLUWU --- Buroncong. Sebuah kue khas Indonesia asal Kabupaten Luwu. Kue ini juga biasa dikenal dengan sebutan pukis. Hanya saja sedikit lebih padat. Dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven).

Dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Luwu, Hari Perlawanan Rakyat Luwu, dan Hari Jadi Belopa tahun ini di Lapangan Andi Djemma, Belopa diadakan lomba membuat buroncong antar stand dinas dan kecamatan. Bahkan, Bupati Luwu, Ir Andi Mudzakkar beserta istri dan Wakil Bupati Luwu, Amru Saher dan istri juga ikut berlomba. 

"Ibu wakil buat buroncong apa," kata Bupati Luwu, Andi Mudzakkar menyapa istri Wakil Bupati Luwu, Badriani Amru, Sabtu sore (11/2/17).

"Rasa keju Opu Bupati," jawab, Badriani saat menyiapkan wajan pembuatan buroncong.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar yang membuat buroncong bersama istri cukup menghibur masyarakat yang hadir menyaksikan langsung. Betapa tidak, orang nomor wahid di Bumi Sawerigading itu sesekali membuang ke atas buroncong yang baru saja diangkat dari wajan kemudian ditadah dengan piring. "Ini buroncong terbang. Iyah," kata Mudzakkar disambut aplaus dan tawa masyarakat yang menyaksikan.

Sementara itu, secara terpisah di Stand Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, tampak sejumlah masyarakat mencicipi buroncong dan sirtup yang telah disiapkan OPD yang dikepalai, Hj Halijah Baso tersebut. Bahkan, proses pembuatan buroncong dipimpin langsung, Hj Halijah. (timmediaperpustakaan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment