Layani Pemustaka dengan 47.679 Eksemplar Buku

By Tim IT Perpustakaan 17 Mei 2017, 15:51:11 WIB Perpustakaan
Layani Pemustaka dengan 47.679 Eksemplar Buku

Keterangan Gambar : BAHAN PUSTAKA. Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Ilham S.sos (tengah) saat menerima tim pemantau lomba perpustakaan desa tingkat provinsi di Perpustakaan Desa Paconne, akhir pekan lalu.


BELOPA --- Jumlah buku bahan pustaka yang berada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, saat ini mencapai 47.679 buku. Sejumlah buku itu merupakan karya umum yang terdiri dari 15.714 judul. Buku-buku ini siap baca dan bahkan bisa dipinjam masyarakat secara gratis.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikepalai, Hj Halijah Baso itu memang terus berbenah diri untuk mewujudkan pelayanan ke masyarakat secara prima. Salah satunya, secara kontinu melakukan penambahan jumlah bahan pustakanya. Dari catatan bagian pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, menyebutkan bahwa jumlah buku sebanyak itu didominasi dari karya umum. "Ada buku filsafat, agama, sosial, bahasa, sains, teknologi, seni, sastra, sejarah, dan buku-buku lokal," tutur Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Ilham S.sos.

Buku-buku tersebut, sebutnya, diadakan melalui anggaran APBD dan bantuan dari perpustakaan provinsi serta perpustakaan nasional. "Sifatnya mengakomodir semua elemen masyarakat mulai murid, siswa, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Ini wajib bagi kita untuk menyediakan. Apalagi posisinya perpustakaan sekarang sebagai perpustakaan umum. Pastinya juga kita akan terus berbenah diri dalam hal jumlah bahan pustaka dari tahun ke tahun," jelasnya.

Selain lewat perpustakaan, kata Ilham, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu juga menyediakan aplikasi digital bahan pustaka yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggunakan android, laptop, atau komputer. "Bisa dibaca lewat perangkat lunak atau inlistlite dalam bentuk e-catalog. Tapi tetap utuhnya harus ke kantor. Tujuan layanan ini hanya untuk memudahkan masyarakat, apakah buku yang dicari ada di perpustakaan. Layanan ini kami buka selama jam kerja. Informasi jelasnya bisa kunjungi langsung website kami di www.perpustakaan.luwukab.go.id," tandas Ilham. (timmediaperpustakaan)

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment