Perpusdes Paconne Juara Satu Nasional?

By Tim IT Perpustakaan 28 Agu 2017, 13:39:39 WIB Kegiatan
Perpusdes Paconne Juara Satu Nasional?

Keterangan Gambar : DISKUSI. Tim Penilai Perpusnas, Bambang Supriyo Utomo berdiskusi dengan adik-adik pengunjung Perpustakaan Desa Paconne.


BELOPA --- Menjadi juara satu merupakan idaman bagi siapa saja ketika mengikui sebuah lomba, pertandingan, dan game. Tak terkecuali dalam lomba perpustakaan desa tingkat nasional. Seperti yang dicita-citakan jajaran Perpustakaan Desa Paconne, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu. 

Berada di peringkat lima terbaik nasional bersama pewarkilan Bali, Jogja, Jawa Tengah, dan Jawa Barat tidak serta merta membuat perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan dan Kearispan Kabupaten Luwu itu puas hati. Betapa tidak, upaya untuk meraih yang terbaik di Indonesia terus diasah sampai sekarang. Khususnya, menghadapi tahap persentasi di depan dewan juri di Jakarta tanggal 11-12 September mendatang. 

Tim Penilai Perpusnas, Bambang Supriyo Utomo menyebutkan bahwa dalam lomba tingkat nasional, terdapat lima dewan juri. Dua diantaranya turun ke daerah untuk melakukan penilaian langsung kondisi pisik perpustakaan desa yang lolos lomba tingkat nasional. Tiga lainnya akan memimpin tahap akhir penilaian di Jakarta lewat kegiatan persentasi pengelola perpustakaan desa. "Tiga yang tidak hadir di sini itu yang akan diyakinkan di Jakarta nantinya. Pengelola yang ditunjuk merupakan wakil Sulawesi Selatan atau mewakili gubernur untuk datang ke Jakarta. Sehingga perlu dipersiapkan secara matang. Bukan hanya tanggungjawab Bupati Luwu, tapi juga Gubernur Sulawesi Selatan. Sebab, juara atau tidaknya Perpustakaan Desa Paconne tinggal kita yang meyakinkan di Jakarta," kata Bambang saat mengunjungi Perpustakaan Desa Paconne, Rabu (23/8/17).

Untuk menjadi juara, sebutnya, resepnya cuma satu yakni harus mampu mempersentasikan secara detail dan gamblang dalam tempo 10 menit tentang kondisi Perpustakaan Desa Paconne. "Jadi yang akan mewakili harus semangat. Ini kuncinya. Kami berdua, saya dan Pak Zulfikar Zen sudah tidak dilibatkan selama di Jakarta. Tiga juri itu pustakawan, LSM, dan Kemendagri yang akan diyakinkan di Jakarta. Jadwalnya tanggal 11-12 September persentasinya di Jakarta," jelasnya.

Menurut Bambang, yang menang akan tampil di panggung gemilang perpustakaan tingkat nasional. "Jadi tolong semua memberikan dukungan dan dorong serta bimbing kepada yang akan mewakili Perpustakaan Desa Paconne ke jakarta. Pesan saya ke pemerintah dan DPRD bahwa lomba ini yang penting kelanjutannya ke depan. Jangan sampai setelah lomba perpustakaannya tutup. Apalagi ini satu-satunya dari Indonesia Timur. Sehingga, patut dijadikan percontohan daerah lain," harap Bambang. (timmediaperpustakaan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment