Perpustakaan Luwu Siapkan Layanan e-Paper
* Halijah : Masyarakat Sudah Bisa Baca Buku Via Online

By Tim IT Perpustakaan 06 Feb 2017, 18:02:02 WIB Teknologi
Perpustakaan Luwu Siapkan Layanan e-Paper

Keterangan Gambar : LAYANAN BACA ONLINE. Tampak staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, memantau layanan aplikasi website yang sementara dikembangkan.



 

BELOPA, PERPUSTAKAANLUWU --- Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Luwu. Betapa tidak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu telah mulai membuka layanan membaca buku via online. Aplikasi ini disebut e-paper atau e-katalog. Layanan ini sudah bisa dinikmati masyarakat mulai pekan ini.

Langkah yang dilakukan OPD yang dikepalai, Hj Halijah Baso tersebut merupakan terobosan baru dalam pelayanan. Khususnya, dalam memperingati Hari Jadi Luwu, Hari Perlawanan Rakyat Luwu, dan sekaligus Hari Jadi Belopa tahun ini. Sehingga, jika dulunya masyarakat harus berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku, maka saat ini tidak lagi. Cukup membuka website milik Perpustakaan Luwu di https://perpustakaan.luwukab.go.id/ lalu masuk ke rubrik "e-katalog" lalu memilih "konten digital".

"Semoga dengan layanan ini, masyarakat bisa lebih dimudahkan. Sehingga, pada intinya kami lebih dekat dengan masyarakat," tutur Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Hj Halijah Baso, Senin siang (6/2/17).

Selama ini, jelasnya, layanan online yang dimiliki Perpustakaan Luwu memang masih standar. Namun, seiring dengan adanya kepercayaan yang diberikan dengan menjadikan perpustakaan sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) baru, maka sudah seharusnya memberikan layanan terbaik. "Kami akan terus berinovasi. Selalu berbenah diri seiring kemajuan teknologi. Makanya, kami juga selalu mengharapkan masukan berupa kritik dan saran dari masyarakat agar pelayanan kami bisa ikut lebih baik. Sebab, segala sesuatunya jika kita selalu bersama pasti akan memberikan hasil yang lebih baik," jelasnya.

Menurut Halijah, di website Perpustakaan dan Kearsdipan Kabupaten Luwu yang baru tersebut juga telah disediakan beragam informasi. Mulai dari profil perpustakaan dan kearsipan, profil kepala dinas perpustakaan, profil bupati dan wakil bupati hingga ada rubrik data tentang daftar dan nama OPD, serta rubrik potensi wisata, sejarah, dan ensiklopedia singkat Kabupaten Luwu. "Jadi, jika ingin membaca buku secara online cukup buka jendela website lalu ketik https://perpustakaan.luwukab.go.id/. Setelah itu, pilih rubrik "e-katalog" lalu klik "konten digital". Terakhir, masukkan daftar judul buku, penulis dan terbitannya. Hasilnya langsung muncul dalam bentuk e-paper. Persis bentuk buku aslinya. Hanya saja, karena ini masih langkah awal, maka buku yang disediakan di layanan e-paper ini masih terbatas. Sebagian besar masih sebatas covernya dan daftar isinya saja. Sebab, harus ada izin dan kerjasama dengan pihak penerbit. Satu hal yang utama juga perlu diketahui bahwa untuk menikmati layanan ini harus terlebih dulu terdaftar sebagai anggota," tandas Halijah. (timmediaperpustakaanluwu)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment