Ratusan Anak Usia Dini Ikuti Lomba Mewarnai 2017
Peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu 2017

By Tim IT Perpustakaan 26 Jan 2017, 12:25:30 WIB Kegiatan
Ratusan Anak Usia Dini Ikuti Lomba Mewarnai 2017

Keterangan Gambar : Lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK se Kabupaten Luwu di tribun Lapangan Andi Djemma, Belopa, Kamis pagi (26/1/17)


 

BELOPA, PERPUSTAKAANLUWU --- Sedikitnya sekira 500 anak usia dini mengikuti lomba mewarnai di tribun Lapangan Andi Djemma, Belopa, Kamis pagi (26/1/17). Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Luwu dan Perlawanan Rakyat Luwu tahun 2017 yang diselenggarakan jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu.

Acara yang dibuka langsung Ketua PKK Kabupaten Luwu, yang sekaligus sebagai Bunda PAUD Kabupaten Luwu, Andi Tenri Karta Mudzakkar itu diawali dengan nyanyian gembira. Yang dilanjutkan dengan pemberian quis berhadiah oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu, H Badriani Amru Saher.

"Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suskesi kegiatan ini. Khususnya kepada panitia dari jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu. Semoga kegiatan ini menjadi wadah untuk menggali dan sekaligus menguji kemampuan imajinasi, kreatifitas, dan inovasi anak-anak. Jadi, tolong selama kegiatan lomba berlangsung agar orang tua cukup memberikan arahan saja," tutur Tenri Karta.

Hal yang sama disampaikan salah seorang dewan juri lomba, Muhamamd Arfah Safri. Katanya, agar anak-anak bisa menggali bakat dan kreatifitasnya, maka dewan juri telah menyampaikan kepada seluruh pembina PAUD dan TK tentang kriteria penilaian lomba. "Ada empat tahapan penilaian. Poin ini harus disampaikan dan diarahkan ke anak binaan agar selama proses lomba bisa mengeluarkan imajinasinya dalam mewarnai setiap objek dalam gambar sesuai yang semestinya," ujar Arfah.

Empat poin penilaian itu, sebutnya, diawali dengan finising gambar. Yakni, setiap peserta lomba harus mampu mewarnai semua objek yang ada dalam bingkai segi empat. Tidak boleh ada yang kosong. Kedua, komposisi warna. Maksudnya, peserta harus mengatur, menyusun dan menempatkan warna sesuai ketepatan yang harmonsi atau serasi. "Jika poin satu dan dua ini terpenuhi, maka penilaian bisa lanjut ke poin kerapihan dan kebersihan. Kami berharap, melalui lomba seperti ini kiranya memberikan pengalaman dan pengetahuan tambahan bagi anak-anak tentang kriteria membuat karya seni yang bernilai tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Hj Halijah Baso menyampaikan bahwa lomba ini dalam rangka memeriahkan Expo Luwu 2017. "Melalui kegitan seperti ini kita bisa menggali bakat anak-anak. Tidak hanya itu, diharapkan juga mampu menambah pengalaman anak-anak kita agar belajar tampil di depan umum. Belajar kreatif, mengenal objek, dan juga mengetahui jenis warna. Alhamdulillah, lomba kali ini diikuti sekira 60 sekolah PAUD/TK," kata Halijah.

Secara terpisah, orang tua anak didik yang ikut menyaksikan kegiatan ini mengaku berterima kasih kepada pemerintah, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu yang secara kontinu menggelar hal yang sama setiap tahun. Tidak hanya di tingkat kabupaten tapi juga tingkat kecamatan. "Bagus pak kalau ada kegiatan seperti ini. Anak-anak juga bisa belajar mengasah mentalnya tampil di depan orang banyak. Makanya, saya selalu mengikutkan anak saya setiap ada ajang seperti ini," aku Jusni Ahmad, orang Latifa. Salah seorang pesesrta lomba dari Taman Kanak-kanak Tutwuri Handayani, Batulappa, Kecamatan Larompong Selatan. (timmediaperpustakaanluwu)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment