Sumbangkan Satu Paket Perlengkapan Perpustakaan untuk Desa Balutan

By Tim IT Perpustakaan 26 Apr 2017, 09:58:05 WIB Kegiatan
Sumbangkan Satu Paket Perlengkapan Perpustakaan untuk Desa Balutan

Keterangan Gambar : BANTUAN. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Hj Halijah Baso saat menyalurkan bantuan sarana dan prasarana ke perpustakaan desa di Kabupaten Luwu baru-baru ini.


BELOPA --- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, terus menggencarkan bimbingan dan pemberian bantuan kepada segenap desa. Hal itu ditujukan untuk menggaungkan minat baca masyarakat hingga pelosok. Salah satu contohnya, disalurkannya bantuan satu paket kebutuhan perpustakaan bagi Desa Balutan, Kecamatan Bua Ponrang (Bupon) tahun ini.

Penyaluran bantuan itu juga sekaligus untuk mendukung suksesi Desa Balutan dalam rangka mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Bantuan itu berupa bimbingan teknis bagi tenaga perpustakaan desa setempat serta bantuan sarana dan prasarana pendukung, mulai buku hingga perlengkapan mobiler dan elektronik. Sumber anggaran bantuan ini berasal dari APBD Kabupaten Luwu.

"Perpustakaan desanya juga sudah berdiri sendiri. Tidak lagi menggandeng ke kantor desa. Sebelumnya kami sudah memberikan bantuan 2000 eksamplar buku. Tahun ini, kembali kami berikan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan bagi tenaga arsipnya serta memberikan bantuan sarana dan prasarana pendukung, mulai karpet hingga barang elektronik berupa kipas angin," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Hj Halijah Baso, Selasa siang (25/4/17).

Posisi Desa Balutan yang mayoritas masyarakatnya petani dan pekebun, sebutnya, menjadikan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu lebih mempfokuskan bantuan buku ke sana terkait dua sektor tersebut. "Juga ada buku-buku dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten, yakni tentang pendidikan keluarga. Semoga dengan bantuan ini, ke depan masyarakat setempat bisa lebih dipermudah dalam pelayanan. Khususnya dalam pengembangan kualitas dan sumber daya masyarakat. Sebab, dengan banyak membaca, masyarakat bisa cerdas. Dengan kecerdasan itu, mampu mendorong masyarakat untuk menatap hidupnya ke arah yang lebih sejahtera, sehat, dan berkualitas," harapnya.

Menurut Halijah, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan ikut menyediakan fasilitas internet berupa WiFi di Perpustakaan Desa Balutan. Tentunya, dengan koordinasi yang baik dengan jajaran pemerintah desa setempat. "Intinya, sejauh ini sudah ada 111 desa binaan kami. Segala bantuan yang disalurkan merupakan hibah. Makanya, kami juga berharapa agar bantuan ini dimanfaat serta dijaga semaksimal mungkin," tandas Halijah. (timmediaperpustakaan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment