Sejarah

By Tim IT Perpustakaan 03 Jan 2017, 12:39:21 WIB

 

SEBELUM tahun 2017, status kelembagaan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu adalah Kantor (Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Luwu), dengan tingkat eselonisasi perangkat daerah Eselon III-a. Kemudian pada tanggal 4 Januari 2017, diresmikan oleh Bupati Luwu        menjadi Dinas (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu), dengan grade type A (tingkat eselonisasi perangkat daerah Eselon II-b) yang menangani urusan wajib Pemerintah Kabupaten Luwu di bidang Perpustakaan dan     Kearsipan Daerah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, adalah salah satu Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Luwu yang keberadaannya dilegalisasi dengan Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Luwu. Penetapan nomenklatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu melalui Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Nomor 7 Tahun 2016, mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali. Terakhir dengan Undang-Undang   Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Sewaktu status kelembagaannya masih Kantor, struktur organisasi Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu terdiri dari 1 (satu) orang Kepala Kantor (Eselon III-a), 1 (satu) orang Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Eselon IV-a,   3 (tiga) orang Kepala Seksi (Eselon IV-a), Pejabat Fungsional (Pustakawan dan Arsiparis), dan sejumlah Staf. Setelah menjadi Dinas, struktur organisasi Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu terdiri dari 1 (satu) orang Kepala Dinas (Eselon II-b), 1 (satu) orang Sekretaris (Eselon III-a), 4 (empat) orang Kepala Bidang (Eselon III-b), 3 (tiga) orang Kepala Sub Bagian (Eselon IV-a),     12 (dua belas) orang Kepala Seksi (Eselon IV-a), Pejabat Fungsional (Pustakawan dan Arsiparis), dan sejumlah Staf.

Demi optimalisasi capaian hasil pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan kewenangan berdasarkan Peraturan Bupati Luwu Nomor 112 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Kedudukan, Jabatan dan Tata Kerja Perangkat Daerah       Kabupten Luwu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu menetapkan visi dan misi, yaitu :  

VISI

“Terwujudnya Kehidupan Masyarakat Kabupaten Luwu yang Cerdas Melalui Layanan Perpustakaan dan Arsip”

MISI

  • Meningkatkan kebiasaan membaca anak sejak usia dini
  • Meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan arsip guna menumbuh-kembangkan minat baca masyarakat
  • Meningkatkan kualitas kegiatan pengelolaan perpustakaan dan arsip - guna mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan layanan perpustakaan dan arsip
  • Memaksimalkan ketersediaan sarana dan prasarana perpustakaan dan arsip yang representatif
  • Meningkatkan kualitas SDM pengelola perpustakaan dan arsip