Tugas dan Fungsi

By Tim IT Perpustakaan 03 Jan 2017, 12:48:17 WIB

 

TUGAS DAN FUNGSI

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LUWU

KEPALA DINAS

  1. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berada dibawah dang bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, mempunyai tugas membantu Bupati dalam merumuskan, membina, mengarahkan, mengevaluasi serta melaporkan pelaksanaan teknis operasional urusan pemerintah daerah di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.
  2. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam rangka melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Perumusan penyusunan program kegiatan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  2. Pendistribusian dan pemberian petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dalam kegiatan bawahan;
  4. Pengoreksian, memaraf dan atau menandatangi naskah dinas;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  7. Pembinaan pengelolaan pustaka dan arsip kepada perangkat daerah, lembaga pendidikan, perusahaan organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan;
  8. Pembinaan penyelenggaraan kepustakaan dan kearsipan daerah pada Perangkat Daerah, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan/organisasi politik, lembaga pendidikan kecamatan, dan desa/kelurahan atau yang disebut dengan nama lain dan masyarakat;
  9. Pengawasan internal kepada Perangkat Daerah, perusahaan, organisasi politik, dan organisasi kemasyarakatan/organisasi politik, lembaga pendidikan kecamatan, dan desa/kelurahan atau yang disebut dengan nama lain dan masyarakat;
  10. Pelaksanaan penyelamatan serta pelestarian pustaka dan arsip vital dan arsip terjaga sebagai aset nasional yang berada di daerah;
  11. Penyelenggaraan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan;
  12. Penyelenggaraan pelayanan, dan pemanfaatan pustaka dan arsip daerah;
  13. Menyelenggaraan perencanaan, kerjasama, hukum, hubungan masyarakat, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan, serta umum;
  14. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Pelaksanaan fungsi lain yang diberika oleh Kepala Daerah terkait dengan Perpustakaan dan Kearsipan.

 

SEKRETARIS

  1. Sekretaris berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrative serta koordinasi pelaksanaan tugas di lingkungan dinas perpustakaan dan kearsipan.
  2. Sekretaris melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Perumusan penyusunan program kegiatan dibidang perpustakaan dan kearsipan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian dan pemberian petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dalam kegiatan bawahan;
  4. Pengoreksian, memaraf dan penandatanagan naskah dinas;
  5. ……..

Subbagian Program

a. Pengevaluasian dan pelaporan program, kegiatan dan anggaran;

b. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;

c. Pelaksanaan lain yang diberikan oleh pimpinan/atasan.

SubBagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum

  1. Kepala SubBagian Umu, Kepegawaian dan Hukum berada dibawah dan bertanggungjawab kepada sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam menghimpun, menginventarisir, menganalisa dan menyusun produk hokum yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi dinas serta memberikan pelayanan teknis dan administrasi dibidang umum, kepegawaian dan hokum serta ketatalaksanaan.
  2. Kepala SubBagian Umum, Kepegawaian dan hokum melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas meneyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Subbagian Umu, Kepegawaian dan Hukum sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian dan petunjuk pelaksanaan tugas sehingga berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dalam lingkungan SuBagian Umum, Hukum dan Kepegawaian untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan tugas;
  4. Penyusunan rancangan, pengoreksian, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai bidang tugasnya;
  6. Penghimpunan kebijakan teknis administrasi umum, kepegawaian dan hukum sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  7. Pelaksanaan penyusunan rencana pengelolaan administrasi umum, kepegawian serta hokum berdasarkan pedoman untuk kelancaran tugas unit;
  8. Pelaksanaan urusan ketatausahaan, persuratan, kerumahtanggan, organisasi, ketatalaksanaan, penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan, fasilitas bantuan hokum, pengelolaan kepegawaian di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  9. Pengoordinasian dan penyusunan bahan kerjasama, publikasi dan hubungan masyarakat dibidang perpustakaan dan Kearsipan;
  10. Pelaksanaan pengelolaan kepegawaian meliputi mutasi, pengembangan karier, kesejahteraan, disiplin dan pengelolaan administrasi kepegawaian lainnya;
  11. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

SubBagian Keuangan

  1. Kepala SubBagian Keuangan berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam menghimpunan bahan dan mengelolah administrasi keuangan meliputi penyusunan anggaran, penggunaan, pembukuan pertanggungjawaban dan pelaporan.
  2. Kepala SubBagian Keuangan melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan subbagian keuangan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Penyiapan kebijakan teknis pengelolaan keuangan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  7. Penyiapan pembinaan perbendaharaan, tuntutan perbendaharaan, pelayanan pembayaran dan pengelolaan kas;
  8. Pelaksanaan urusan pengujian terhadap dokumen;
  9. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

 

Bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan

  1. Kepala Bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui sekretaris mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan.
  2. Kepala Bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Pelaksanaan kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan deposit meliputi penghimpunan, pengelolaan, pendayagunaan, dan pemantauan karya cetak dan karya rekam, penyusunan bibliografi daerah dan catalog induk daerah serta penyusunan literature sekunder;
  7. Pelaksanaan pengolahan bahan perpustakaan meliputi deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek, penyelesaian fisik bahan perpustakaan, verifikasi, validasi, pemasukan data ke panggakalan data;
  8. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  9. Pelaksanaan tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

Seksi Deposit

  1. Kepala Seksi Deposit berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang  mempunyai tugas pokok melakukian penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Deposit.
  2. Kepala Seksi Deposit dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Deposit sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Penerimaan, pengumpulan, pengolahan hasil serah simpan karya ccetak dan karya rekam;
  7. Penyusunan bibliografi daerah dan catalog induk daerah serta literature sekunder;
  8. Pelaksanaan pembuatan direktori penerbit;
  9. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan serah simpan karya cetak dan karya rekam;
  10. Pengumpulan, pengelolaan, dan penyimpanan bahan perpustakaan kelabu (Grey literature);
  11. Pengoordinasian pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam dengan penerbit, perangkat daerah, BUMD, instansi terkait, dan masyarakat;
  12. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  13. Pelaksanaan tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

Seksi Akuisisi

  1. Kepala Seksi Akuisisi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas pokok melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Akuisisi.
  2. Kepala Seksi Akuisisi dalam melaksanakann tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Akuisisi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  7. Pelaksanaan tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

Seksi Pengolahan Bahan Pustaka

  1. Kepala Seksi Pengolahan Bahan Pustaka berada di bawah bidang dan bertanggung jawab kepada kepala bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Pengolahan Bahan Pustaka.
  2. Kepala Seksi Pengolahan Bahan Pustaka dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas meneyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Pengolahan Bahan Pustaka sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Penerimaa, pengolahan, dan verifikasi bahan pustaka;
  7. Penyusunan deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek, dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan verifikasi, validasi, pemasukan data ke dalam pangkalan data;
  9. Penyusunan literatur sekunder;
  10. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

 

Bidang Layanan, TIK dan Kerjasama

  1. Kepala bidang Layanan, TIK dan Kerjasama dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Layanan, TIK dan Kerjasama.
  2. Kepalaq Bidang Layanan, TIK dan Kerjasama dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Layanan, TIK dan Kerjasama sebagai pedoman dalam peleksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan layanan perpustakaan meliputi layanan sirkulasi, rujukan, literasi informasi, bimbingan pemustaka, layanan ekstensi (perpustakaan keliling, pojok baca, dan sejenisnya), promosi layanan, dan pelaksanaan kajian kepuasan Pemustaka;
  7. Pelaksanaan otomasi perpustakaan meliputi pengembangan teknologi, infromasi dan komunikasi perpustakaan, pengelolaan website serta jaringan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan kerjasama perpustakaan meliputim kerjasama antar perpustakaan dan membangun jejaring perpustakaan;
  9. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  10. Pelaksanaan tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Layanan

  1. Kepala Seksi Layanan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas pokok melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatn Seksi Layanan.
  2. Kepala Seksi Laynan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan seksi Layanan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas ;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis layanan dan pemanfaatan;
  7. Pelaksanaan layanan informasi;
  8. Pengoordinasian penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, BUMD, instansi terkait dan masyarakat;
  9. Penyelenggaraan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi, layanan pinjam antar perpustakaan;
  10. Penyelenggaraan layanan ekstensi (perpustakaan Keliling);
  11. Penyusunan statistik perpustakaan;
  12. Pelaksanaan bimbingan pemustaka;
  13. Pelaksanaan stock opname dan penyiangan bahan pustaka (weeding)
  14. Pelaksanaan promosi layanan;
  15. Penyedian kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan;
  16. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  17. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi

  1. Kepala Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi.
  2. Kepala Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan member petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pengelolaan dan pengembangan perangkat keras, lunak dan pangkalan data;
  7. Pengellolaan dan pengembangan jaringan otomasi perpustakaan;
  8. Pengelolaan dan pengembangan website;
  9. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Promosi dan Kerjasama

  1. Kepala Seksi Promosi dan Kerjasama berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Promosi dan Kerjasama.
  2. Kepala Seksi Promosi dan Kerjasama dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Promosi dan Kerjasama sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugaskepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancer;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan megikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Inisiasi kerja sama perpustakaan;
  7. Pengelolaan dan penyusunan naskah perjanjian kerja sama;
  8. Pengembangan dan pengelolaan kerja sama antar perpustakaan;
  9. Pengembangan dan pengelolaan kerja sama jejaring perpustakaan;
  10. penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  11. pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan

  1. Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.
  2. Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan sebagai pedoman dalam pelakasanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, mengoreksi dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan meliputi pengembangan semua jenis perpustakaan, implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria, (NSPK), pendataan perpustakaan, koordinasi pengembangan perpustakaan, dan pemasyarakatan/sosialisasi, serta evaluasi pengembangan perpustakaan;
  7. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan meliputi pendataan tenaga perpustakaan, bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan, penilaian angka kredit pustakawan, koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan, pemasyarakatan/sosialisasi, serta evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan;
  8. Pelaksanaan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca meliputi pengkajian, dan pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca, koordinasi, pemasyarakatan/sosialisasi, dan bimbingan teknis serta evaluasi kegemaran membaca;
  9. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  10. Pelaksanaan tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Pengembangan Perpustakaan

  1. Kepala Seksi Pengembngan Perpustakaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Perpustakaan.
  2. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Pengembangan Perpustakaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan pembinaan, dan pengembangan perpustakaan;
  7. Pelaksanaan implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK);
  8. Pendataan perpustakaan;
  9. Pengoordinasian pengembangan perpustakaan;
  10. Pemasyarakatan/sosialisasi, dan evaluasi pengembangan perpustakaan
  11. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  12. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Tenaga Perpustakaan

  1. Kepala Seksi Tenaga Perpustakaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Tenaga Perpustakaan.
  2. Kepala Seksi Tenaga Perpustakaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas  menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Tenaga Perpustakaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan untuk mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pendataan tenaga perpustakaan;
  7. Pembimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan;
  8. Penilaian angka kredit pustakawan;
  9. Pengoordinasian pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan;
  10. Pemasyarakatan/sosialisasi;
  11. Pengevaluasian pembinaan tenaga perpustakaan;
  12. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

Seksi Pengembangan Minat Baca

  1. Kepala Seksi Pengembangan Minat Baca berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Minat Baca.
  2. Kepala Seksi Pengembangan Minat Baca dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Pengembangan Minat Baca sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pengkajian minat baca masyarakat;
  7. Pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca;
  8. Pengoordinasian pemasyarakatan/ sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca;
  9. Pemberian bimbingan teknis;
  10. Pengevaluasian pembudayaan kegemaran membaca;
  11. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  12. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Bidang Kearsipan

  1. Kepala Bidang Kearsipan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Kearsipan.
  2. Kepala Bidang Kearsipan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Kearsipan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Perumusan kebijakan penyelenggaraan tugas yang menjadi tanggungjawabanya;
  7. Penetapan kebijakan pelaksanaan tugas yang menjadi tanggungjawabanya;
  8. Pembinaan penyelenggaraan kearsipan daerah pada Perangkat Daerah, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan/Organisasi politik, lembaga pendidikan, kcamatan dan desa/kelurahan atau yang disebut dengan nama lain dan masyarkat;
  9. Pengawasan kearsipan daerah pada perangkat daerah, perusahaan swasta, organisasi kemqasyarakatan/organisasi politik, lembaga pendidikan, kecamatan, dan desa/kelurahan atau yang disebut dengan nama lain;
  10. Penyelenggaraan pengelolaan arsip dinamis;
  11. Penyelenggaraan pengelolaan arsip statis;
  12. Penyelenggaraan pelayanan, dan pemanfaatan arsip;
  13. Penyelenggaraan, perencanaan, kerjsama, hokum, hubungan masyarakat, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan, serta umum;
  14. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan/atasan.

 

Seksi Pembinaan Kearsipan

  1. Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan kegiatan Seksi Pembinaan Kearsipan.
  2. Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas menyelenggarakan fungsi:
  1. Penyusunan rencana kegiatan Seksi Pembinaan Kearsipan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pendistribusian tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  4. Pembuatan konsep, pengoreksian dan memaraf naskah untuk menghindari kesalahan;
  5. Kegiatan mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pengoordinasian penyelenggaraan kearsipan;
  7. Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia kearsipan;
  8. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan kearsipan;
  9. Pemberian bimbingan, supervise, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan;
  10. Pelaksanaan sosialisasi kearsipan;
  11. Perencanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan;
  12. Penilaian prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan